Friday, April 9, 2010

Do the Best!

Essay gue bagus nih, pasti dapat juara! Punya lo mana?
Ni punyaku….., ya masih segini yang bisa aku buat.
Halah gini doank!
…………….
aduh…asem..asem
kenapa bilang gitu bro? dapat juara ngga?
Tadi itu jurinya tidak fair, ada kecurangan!
Hey, dapat juara ngga?
Hehe.. ng…ngga…

Semua orang pasti ingin menjadi yang terbaik. Mau sukses. Menjadi yang terbaik tentunya menjadi sebuah prestise tersendiri bagi yang meraihnya. Entah itu dalam hal ujian, lomba atau apapun. Pokoknya yang positif. Apapun kalau sukses, mau ngga mau, ya bangga donk. Akan tetapi, kalau yang negatif ya jangan jadi yang terbaik. Bahaya itu. Yang terburuk itu udah maksimal. Masa jadi orang yang bisa nyopet terbanyak dalam satu jam kamu bangga? Ya kalau kamu masih di ‘jalan yang benar’ ya jangan lah!

Meraih sesuatu yang terbaik memang tidak gampang. Butuh waktu dan kerja keras (hard work). Belakngan orang bijak menambahkan agar juga kerja cerdas (smart work). Sesuatu yang terbaik ‘kan hanya satu. jadi, untuk mendapatkannya tentu kita harus ‘mengalahkan’ yang lain. Akan tetapi, yang saya maksud di sini tentu bukan dengan cara yang buruk. Tentunya kitta harus tetap menjaga rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang memang menjadi nilai-nilai mulia bangsa ini.

Orang bijak pernah berkata, don’t think to be the best, but think to do the best in order to be the best! Jangan memikirkan bagaimana menjadi yang terbaik, tetapi pikirkan bagaimana cara terbaik untuk menjadi yang terbaik. Ungkapan ini mengandung arti bahwa dalam mengusahakan sesuatu, kita lebih baik untuk fokus terhadap upayanya, bukan hasilnya. Kita harus selalu mencari cara terbaik untu meraih kesuksesan. Nah, lalu bedanya dengan fokus pada kesuksesannya?


Kadang karena kita terlalu fokus pada kesuksesannya, kita lupa bahwa ini butuh proses. Kita hanya membayangkan bagaimana enaknya dipuncak tangga kesuksesan sementara ogah mikir susahnya sampai disana. Pada akhirnya, bisa muncul niat-niat atau cara-cara buruk yang ditempuh. Mari lihat beberapa kasus yang terjadi pada caleg (calon legislator, calon DPR) negeri ini.

Setelah dinyatakan tidak terpilih, sebagian ada yang langsung ngga waras alias gila. Ada juga yang marah-marah ke TPS karena ia sudah yakin menang tapi ternyata tidak terpilih. Coba perhatikan juga percakapan yang saya tulis diatas. Karena dinyatakan ngga menang lomba, langsung saja ngata-ngatain juri yang ngga-ngga. Ini akibat buruk kalau hanya fokus pada hasil kesuksesan saja. Sementara, caranya ngga dipikirin secara matang. Emang tingkah seperti itu nyelesaiin masalah? Wasteful banget ngga sih..

Kadang orang menginginkan kesuksesan karena pastinya ia akan kelihatan berbeda dari yang lain. apalagi kalau ia yang sukses sendirian. Wuh, rasanya jadi yang paling top deh. Saya pun mengakui hal itu. Ya lumrah lah, sah-sah saja. Yang penting jangan lama-lama. Bikin dosa. Namanya tuh sombong diam-diam alias ujub.

Tapi sekali lagi lagi kita sebaiknya tetep memerhatikan cara meraihnya. Jangan sampai hanya arena memburu kesuksesan, kita lupa dengan teman-teman maupun orang sekitar kita. Main sikut sana sikut sini. Wah gawat alau begitu, nambah musuh aja.

John Sifonis pernah mengatakan different is not always better, but the best is always different (berbeda tidak selalu lebih baik, tapi yang terbaik pasti selalu berbeda).

Akan tetapi, kadang ketika kita telah berupaya semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan, eh hasilnya tidak seperti harapan. Apalagi kita juga telah berlaku sebaik mungkin.

Pembaca yang terhormat, ingat kita punya Sang Khalik yang Masasegala-galanya. Dia tahu mana yang baik dan buruk buat kita. Dia yang tahu mana saat tepat kita mendapat kesuksesan ataupun kegagalan. mungkin saja bila kita diberi kesuksesan kita akan sombong atau kita akan merendahkan yang lain. Inilah wujud kasih saying-Nya. Mungkin Dia masih mau menyelamatkan kita dari dosa. Maka ya bersykurlah, bukan malah ngoceh yang tidak-tidak.

Akhirnya, mari terus berusaha!




*sumber gambar bisa diklik langsung pada gambanrnya


15 comments:

  1. Kunjungan pagi Jazz...
    mantap tulisannya....
    Terus berkarya selagi muda!

    ReplyDelete
  2. Hi Syid, baru UTs yah soalnya udah lama hga posting? (secara dirimyu kan hobi banget posting hehehe).

    Gimana ujiannya, bisa kaga?

    Kalo nilainya nagus traktiran dunks :-)

    ReplyDelete
  3. Buat Iyam criminal
    siplah mumpung masih muda ya....

    buat teh susan
    ya nih teh, kemaren baruuu aja selesai...
    sip2 bentar lagi aku meluncur ke tempat teteh

    ReplyDelete
  4. betul, sukses dan gagal sudah diaturNya.
    jadi tetep berusaha semaksimal mungkin.

    renungan yg bagus ^^

    ReplyDelete
  5. semua itu memang kata2 motivasi yg sangat bagus, namun kembali ke diri kita masing2 dalam usaha menggapai kesuksesan yg kita inginkan, perjalanan dan pengalaman hidup serta takdir Tuhan yg akan menentukan hasil akhirnya :) tq dah berbagi :)

    ReplyDelete
  6. Mantap gan... Motivasinya..
    Tetap berusaha untuk menjadi lebih baik dari hari ini . saya rasa kata kata ini sudah bisa mewakili semuanya.... Iya gak gan...?

    Oh ya tukeran link yukz...?
    mau pake ancor teks apa...? Linknya enta masuk di "Kumpulan Blogger Indonsia."
    Konfermasi disini yaph....

    ReplyDelete
  7. makasi udah komen ka ochid!

    siip!
    yang terpenting bukan hasil akhir! tapi proses untuk mencapai hasil akhir! terlebih kalau hasil akhirnya juga baik, lebih bagus lagi! iya gag! heheheh

    ReplyDelete
  8. yg penting sudah berusaha. soal gagal itu urusan nanti.

    ReplyDelete
  9. buat teh clara
    terima kasih banyak

    buat kang aulawi
    bener banget, ikhtiar dulu lalu tawakkal

    buat radith
    wah ini bau kaskus ini ya, pakai gan-gan segala
    sip2, nanti tukeran

    buat si Kemayu
    proses id the best

    buat teh fanny
    wokeh2. betul itu......

    ReplyDelete
  10. Saya paling seneng kalo ada tulisan "do the best"...
    pokoke lakukan aja yang terbaik jangan banyak bicara.. tapi kan..tapi kan.. Aaah..ketinggalan entar..hehe..

    Mampir bentar ah...gak usah disuguhin..hehe..
    Posting in rush...let's share

    ReplyDelete
  11. betul nih kita ini harus mencari gimana caranya agar sukses, bukan langsung melihat hasilnya..

    salam kenal yah. :)

    ReplyDelete
  12. Satu lagi karya bagus dari mas rosyid.
    Setuju banget.... Ingat kata Aa Gym waktu kajian. "Yang harus kita lakukan itu usaha yang terbaik,kalo penghargaan dan lainnya itu hanya efek samping"

    ReplyDelete
  13. buat kang Ugi
    iya kang lakukan yang terbaik aja, urusan hasil mah entar..

    buat kang Umarr
    salam kenal juga. sip, bukan langsung pingin hasilnya

    buat bejo
    sip, wah kamu untung tuh, bisa ketemu aa gym langsung

    ReplyDelete
  14. memang bener seh kalo terlalu memikirkan hasilnya tanpa memikirkan proses pencapaiannya biasanya akan nemu yang namanya kegagalan

    tapi saya bingung gimana caranya mikirin proses dalam berusaha mohon berikan saya pemikiran

    ReplyDelete
  15. tenang aja gung, masalah hasil mah udah ada yang ngatur..

    ReplyDelete