Monday, March 22, 2010

Pencuri Waktu

Bro, belajar yuk….
Maen dulu ya...
Belajar yuk….
Ntar, acaranya asyik ni

Saat melakukan sebuah kegiatan, kita pasti memiliki sebuah tujuan tertentu. Ya iyalah, ngapain kerja kalau ngga ada hasilnya. Nah, untuk mencapai hasil tersebut tentunya kita harus berusaha keras dan cerdas. Artinya? Kerja keras itu ya pake otot. Kalau kerja cerdas ya pake otak. Jadi imbang, otot dipake, otak juga ngga ketinggalan . Oleh karena itu, apapun yang kita kerjakan itu penuh pertimbangan. Ngga buang-buang energi.

Namun, dalam mengerjakan sesuatu apapun, kita tidak boleh lupa bahwa kita harus fokus. Fokus ini adalah yang mengarahkan kamu untuk selalu konsentrasi pada apa yang kam kerjakan. Kalau lagi ngerjain PR ya ngerjain PR aja, ngga usah yang macem-macem. Kalau sedang bikin makanan, ya bikin makanan aja, ngga usah mkirin acara TV.

Integrasi antara kerja keras, kerja cerdas dan fokus akan membuat hasil yang kita kerjakan bisa maksimal. Kalau kita tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu, maka yang ada adalah lama selesainya, parah-parahnya kerjaan ngga selesai alias gagal.

Mari menyimak sebuah cerita berikut. Alkisah ada seorang anak bernama Andi. Suatu malam ia berencana belajar karena besok ada ujian semester. Buku telah ia siapkan diatas meja belajarnya dan mulailah ia belajar dengan sungguh-sungguh.

Namun, baru beberapa saat ia belajar, ia melihat sebuah majalah makanan. Karena gambarnya bagus, sontak ia mengambilnya dan mulai membacanya. Lembar demi lembar ia baca. Wuih.. makanannya enak-enak men! Coba ah!

Tak lama berselang ia mulai melihat kulkas. Ia mencari bahan-bahan untuk membuat makanan tadi. Ya….akhirnya bisa kamu tebak. Yup, si Andi ngga jadi belajar. Gimana ya ujian semsternya?
Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, kita harus konsentrasi dengan apa yang kita kerjakan. Kalau tidak, maka pekrjaan-pekerjaan lain akan menggoda kita. Dan bila kita tergoda, pekerjaan utama yang seharusnya terlantar. Hasil yang ingin dicapai pun terbang entah kemana.

Inilah gejala kehadiran pencuri waktu. Waktu yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk sebuah hal yang penting malah digunakan untuk hal sepele plus tidak penting. Kadang kita menyepelekan sebuah pekerjaan hingga menunda-nundanya dengan nyantai-nyantai. Memang diawal sepertinya OK-OK saja. Nah, pas akhir-akhirnya kita dikejar deadline yang numpuk. Kalau kamu kuat ya tidak apa-apa, tapi kasian otaknya, Mas!

Sekarang kita perluas pandangan kita pada hasil kehidupan kita. Kalau mau hidup sukses, maka kerja keras kerja cerdas dan fokus pelu dilakukan. Hidup nyantai-nyantai boleh-boleh saja tetapi jangan keterlaluan nyantainya. Bersantai ya harus dilakukan saat harus santai. Masih muda itu pekerjaanya banyak.

Fokus pada apa yang menjadi tujuan hidup kita adalah hal yang penting. Kita mau jadi apa ya tergantung apa yang kita kerjakan saat ini. Sayang sekali kalau waktu yang dianugerahkan kepada kita, kita lepas begitu saja dengan membiarkan para pencuri waktu mengambilnya. Ingat, waktu adalah satu-satunya makhluk yang tak akan berjalan mundur bahkan menolehpun tidak. Sekali dicuri ya sudah ngga ada gantinya.

Sudah saatnya kita berhati-hati dengan pencuri waktu. Awas, ia ada dimana-mana dan kapan saja. Oleh karena itu, saya kira memanfaatkan waktu sebaik-baiknya adalah hal yang paling bijak. Mari manfaatkan waktu dengan kerja keras, kerja cerdas dan fokus demi hasil hidup yang maksimal.



*sumber gambar bisa diklik langsung pada gambanrnya.



20 comments:

  1. met siang. intinya gunakan wkt sebaik mungkin ya. btw, udah aku follow ya.

    ReplyDelete
  2. siang teh, siip itulah
    karena hanya wakulah makhluk tuhan yang tak akan menoleh barang sedetik....

    makasih teh udah follow
    lots of thx for you

    ReplyDelete
  3. setuju banget mas....

    sedetik aja dicuri, maka bisa berakibat berjam jam yang hilang...ya contoh kecil aja...coba kalo telat naek pesawat sedetik aja...pasti kita nunggu penerbangan berikutnya bisa sampe sejam lebih...

    ReplyDelete
  4. bener banget... kita harus fokus terhadap apa yang menjadi tujuan hidup kita...

    jangan menyia-nyiakan waktu, karna waktu nggak akan bisa diputar ulang kembali..

    ReplyDelete
  5. sip..memang harus selalu waspada terhadap "pencuri waktu"..

    ReplyDelete
  6. Apakah kita termasuk sebagai pencuri waktu? Ato waktu yang merasa tercuri dengan kehadiran kita? Yuks ah kalo binun mari binun bersama. But the point is gunakan waktu seefektif mungkin. Jangan sampe kita menjadi manusia2 yang merugi.

    Btw si Abang kerja di forestry company (HTI_Hutan Tanaman Industri). Dah lama ga posting tulisannya tuh(biasanya Abang kan ikutn posting juga).

    Lo kul dimana? Mnggilnya Muhammad ato apa neh biar lebih deket?

    Enak ajah, Zahia tuh bukan kayaknya imuts, tapi emang bener2 cute tau!!!! :-)

    ReplyDelete
  7. banyak orang tau apa yang harus ia kerjakan, tapi sedikit orang yang mengerjakan apa yang ia tauu...

    nice posting... makashy buat postingan inspiratif ini.. ^_^

    ReplyDelete
  8. buat kang Ugi
    Ayooo berantas dedengkot2 pencuri waktu

    buat teh ieyas
    sip teh, jangan menyia-siakan waktu

    buat tetehn zul
    yang penting efektif dan efisien teh gunain waktunya

    buat elok
    I like ur komen much
    sama2
    buat

    ReplyDelete
  9. nice articel ^^

    iya,waktulah satu2nya hal yg tidak bisa diputar ulang,jadi jgn sia-siakan waktumu ^_*

    ReplyDelete
  10. pemikiran saya jadi kebuka kalau kita harus fokus dalam menjalani tugas kita jangan memikirkan tugas lain dulu thanks sob

    ReplyDelete
  11. pemikiran saya jadi kebuka kalau kita harus fokus dalam menjalani tugas kita jangan memikirkan tugas lain dulu thanks sob

    ReplyDelete
  12. buat teh senja..
    siiip lah, tak akan ku sia-siakan waktu

    buat agung...
    wah alhamdulillah dunk
    semoga sukses ya.....

    ReplyDelete
  13. padahal kita sadar waktu itu penting dan ga bisa di ulang, tapi kiok dengan sadar pula kita menyia2kan yak (termasuk aku hehehe) penyakit apa ini

    ReplyDelete
  14. time is scarcity boy!!!!
    hahahaha

    ReplyDelete
  15. buat kang richo
    itu penyakit lupa kang.....heheh
    kalau itu sudah rahasia umum

    bua miss kemayu
    haha, apa itu maksudnya
    ????

    ReplyDelete
  16. ya betul gunakan waktu kita sebaik mungkin. good person good time management.....

    ReplyDelete
  17. solusinya adalah kita harus bisa membagi waktu :)

    ReplyDelete
  18. buat suka-suka
    woke good management make us better

    buat septian
    hmm...... bagus juga itu

    ReplyDelete