Thursday, November 24, 2011

Semua Ilegal kecuali Bayar

Ini dia 72 bucks hoody
(Habis beli, broke!) 
FARGO-JAZZ MUHAMMAD - Tanggal 6 Mei 2011, aku dapati satu email masuk. Tertulis: Gobal UGrad: Unofficial Notice of Your Placement. Setelah sebelumnya aku dinyatakan lolos untuk seleksi program ini, Global Ugrad, aku dapatkan penempatan. Aku akan sekolah di kampus yang namanya tak pernah kudengar waktu itu: North Dakota State University. Dalam hati: kampus apaan itu?

Setelah aku sampai di sini, aku baru tahu, kampus macam apa ini. Aku, sebelumnya, mendarat di Hector International Airport, dekat kampus, pada 17 Agustus 2011.

North Dakota State University adalah kampus yang tempatnya di Fargo, North Dakota. Kampus ini adalah kampus negeri di state ini. Nama populer dari kampus ini adalah NDSU. Kampus ini juga terkenal dengan sebutan “Bison”. Tapi aku akan ceritakan dengan Bison dan NDSU nanti.

Kembali ke NDSU. Kedengarannya hanya rangkaian empat huruf kapital biasa, tapi karena ini menjadi singkatan dari nama kampus, maka ini jadi “super duper luar biasa!”

NDSU sudah jadi trademark. Nama itu terdaftar sebagai nama paten dan terdaftar sebagai nama dagang. Artinya? Artinya tak siapapun bisa memakainya kecuali membayar pada NDSU untuk ini.

Implikasinya adalah apapun yang memakai nama NDSU, beserta lambing Bison-nya, tercatat sebagai barang ilegal kecuali membayar NDSU untuk ini.

Contohnya, kalau ada dua jaket yang sama bentuknya, sama warna, pokoknya kembar, tapi yang satu punya nama NDSU, maka harganya akan jomplang sejomplang-jomplangnya. Harga jaket dengan NDSU bisa dua atau tiga kali lipat.

Jadi ceritanya begini. Di US, overall, segala ide sangat dihargai. Tak semua orang bisa menggandakan sebuah ide kecuali membayar royalty. Di sini, pembajakan dapat, dan sangat mungkin, end up in jail! Mau? Gundhul-mu itu mau!

Dari trademark ini, kampus bisa dapatkan pendapatan yang banyak. Kampus punya banyak merchandise yang bisa dijual ke siapapun: kaos, jaket, kaus kaki, football, botol minuman, hoody, celana, dasi, topi, apapun.

My Bison Pride!
(Don't worry, it's the free one)
Di sisi lain, mahasiswa di sini punya pride yang tinggi terhadap kampusnya. Maka mereka pun juga mau membayar harga mahal untuk sekedar kaos atau jaket. Bayangkan, satu hoody saja bisa seharga 72 dollar, hanya karena ada NDSU-nya. Anyway, aku akhirnya beli jaket "mahal" itu pas ada diskonan setengah harga. Kalau tidak ada disskonan, ya ndak beli.

Banyak mahasiswa yang bangga sekali menunjukkan almamaternya. Ketika ada NDSU di "dada" mereka, rasanya seperti punya prestis yang layak untuk ditunjukkan pada yang lain. Aku pun akhirnya “tenggelam” dalam kebanggaan ini. Aku merasa, jujur, sangat memiliki kampus ini dan menjadi bagian dari kampus ini. I will be always upholding my Bison Pride!

Aku tak tahu kalau sistem seperti ini will work untuk universitas-universitas di Indonesia. Tapi kalau bisa, akan menarik sekali. Aku harap nanti akan ada My Pride of Paramadina! I would love it, a lot!

24 November 2011
Jazz Muhammad (Global Ugrad Indonesia)
78 Niskanen Hall, NDSU
Fargo, ND, USA



4 comments:

  1. Saya catet deh, tar mau beli jaket kampus saya juga QUT ;P

    ReplyDelete
  2. Dear.

    gw udah baca dengan gamblang dan perlahan2... karena gak mau salah pengertian..... eeehmmm jadi NDSU itu universutas terkenal juga toohhh....... selamat buat looo yaaa....
    oohhh ya Selamat tahun Baru 01 Muharram 1433H... yang jatohnya hari ini.....

    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    ReplyDelete
  3. keren banget bisa lolos UGRAD.. I wanna be like you-go overseas by joining such a program- :D

    ReplyDelete
  4. @clara:
    Oke mbak... siap-siap nanti! haha

    @Jeng Soes
    Sebenarnya ngga terkenal juga sih mbak, cukup aja, hehe. makasih banyak mbak!

    @restry:
    alhamdulillah, restry. ayooo banyak kesempatan yang bisa diraih!

    ReplyDelete