Thursday, April 12, 2012

Kebanggaan sebuah Kampus di US

Bison Game! 
FARGO-JAZZMUHAMMAD - Kebanggaan pada sebuah kampus mungkin bukan hal yang luar biasa. Di US, mahasiswa juga punya hal itu. Tetapi, ada satu hal yang menarik yang bisa dibicarakan dari hal ini: Olahraga.

Hampir semua kampus di US punya departemen olahraga atau yang biasa disebut athletics. Nah, department inilah yang mengatur dan mengelola semua cabang olahraga yang dimiliki kampus tersebut.

Di antara semua cabang olahraga yang ada, ada tiga olahraga yang paling populer: Baseball, Basketball, dan yang pasti American Football.

Ketika ada pertandingan olahraga, Football utamanya, mahasiswa berbondong menuju stadium untuk menyaksikan tim kampusnya berlaga. Lagi, yang paling banyak penontonnya adalah Football. Di NDSU, tempat aku belajar sekarang ini, tim Football-nya, juga semua cabang olahraganya, punya julukan Bison.

Pada Football season di Fall semester kemarin (2011), aku hampir tak pernah melewatkan Bison game. hal ini bukan lain karena ketika menonton Bison, rasa kebersamaan sesama pendukung bison sangat terasa. Hampir tidak ada yang tidak memakai pakaian dengan atribut NDSU atau Bison.

Ketika Bison mencetak angka, dalam Football disebut touchdown, kami menteriak sekencang-kencangnya. Beberapa saling tos atau disebut high-five, yang lain berpelukan.

Hal yang sama juga terlihat ketika Bison punya pertandingan Baseball, Basketball dan cabang-cabang olahraga lainnya seperti Volleyball.

Dari olahraga, kebanggaan mahasiswa terhadap kampusnya seperti berlipat-lipat. Kadang mereka tak segan-segan mengolok kampus lain yang statusnya rival alias musuh bebuyutan. Ohya, di US, hampir semua kampus, mungkin juga SMA, punya rival. Biasanya penyebabnya adalah athletic-nya, bukan akedemisnya.

Jus FYI, kebanyakan pertimbangan orang amerika kuliah adalah biaya, bukan pertimbangan akademis. Kalaupun pertimbangannya adalah prestis sekolah, itu mungkin juga karena kampusnya punya athletic yang bagus

Di akhir season, Bison Football menjuarai 2011 NCAA National Championship yang merupakan kompetisi tertinggi di divisi yang diikuti Bison. Ketika itu, aku melihat pertandingannya langsung (live) bersama teman-teman di student center, namanya Memorial Union.

Ketika pertandingan berakhir, kami berteriak-teriak meluapkan kesenangan. Di tempat pertandingannya sendiri, di Frisco, Texas, banyak orang, bukan hanya mahasiswa, dari North Dakota, terutama dari Fargo, yang pergi ke sana, berkendara belasan jam hanya untuk menyaksikan Bison bermain.

Pada waktu itu, yang senang bukan hanya mahasiswa, tetapi mungkin semua orang yang ada di North Dakota. Di sini, Bison bukan hanya idola mahasiswa, tetapi mungkin semua orang di Fargo.

Begitulah kampus-kampus di US membangun prestisnya. Ini bukan berarti kerjaan kampus hanya mengurusi athletic-nya, tetapi olahraga dianggap sebagai sesuatu yang penting (a big deal), sebagaimana pentingnya bidang akademis.


No comments:

Post a Comment