Friday, February 26, 2010

Aji Mumpung Muda

Hehe..mumpung masih muda
Santai mas……santai…..
……
Mumpung masih muda
Harus semangat, masa depan menunggu!

Sehabis kecil, manusia memasuki usia remaja. mereka memasuki masa mudanya masing-masing. Bahasa kerennya puber. Ya , kata orang-orang inilah masa-masa terindah dalam hidup. Masa-masa indah di SMA atau juga saat kuliah. Setiap orang sangat mengagumi masa-masa ini. Mungkin memang tidak semua. Tapi pokoknya masa muda adalah yang paling T.O.P. B.G.T .(baca: te o pe be ge te).

Begitu bermaknanya masa muda, setiap orang pun punya apresiasi sendiri-sendiri tentang hal yang satu ini. Coba simak percakapan diatas. Sebagian orang mungkin mengira ini adalah masa santai-santai. Masa muda dianggap masa terbaik untuk me-malas-kan diri dari berbagai aktivitas yang intinya juga bermalas-malasan. Intinya sih ngga mau kerja keras. Hehe..nyantai mas..mumpung kita masih muda!

Mungkin kamu langsung berpikiran bahwa pikiran seperti ini hanya melanda muda-mudi yang, ya, agak beruntung (kaya maksudnya, tapi sebenanya yang kaya sih bokap nyokapnya). Mereka bisa menghabiskan banyak uang untuk senang-senang. Akan tetapi, "virus nyantai" sebenarnya menyerang semua pemuda, ngga pandang bulu.

Coba lihat aja, mau kaya mau miskin, semua pada sibuk SMS yang ngga penting, lalu nge-gosip yang ngga ada mutu sama sekali, lalu asyik tidur-tiduran sambil nonton TV semaleman. Wah, enak banget tuh! Ya mumpung masih muda! Kalau kamu setuju sama yang ini ya terserah. Ini yang namanya aji mumpung negatif.

Akan tetapi tentunya hal di atas tidaklah melanda semua muda-mudi. Masih ada yang baik ko’. Ada juga aji mumpung yang positif.

Sebagian pemuda yang lain punya apresiasi lain pula terhadap masa muda mereka. Muda-mudi yang ini mengaggap kalau masa muda adalah masa emas untuk menabung pengalaman, menabung ilmu, membangun relasi untuk mencapai masa depan yang baik.

Mereka ini sangat menghargai waktu yang ada dengan bekeja keras dan belajar sungguh-sungguh demi masa depan mereka. Tiap hari hanya sibuk memperkaya diri dengan pengalaman-pegalaman berharga. Ayo semangat, mumpung masih muda, masa depan kita ada di tangan kita sendiri!

Hayu, kamu termasuk aji mumpung yang mana? Memang kita tidak bisa sama persis sama mumpung yag positif tadi. Saya pun mengakui, sulit banget. Rayuan "virus nyantai"  itu luar biasa menggoda. Akan tetapi, kita haus tetap memantapkan hati unuk sadar bahwa sukses di masa depan adalah apa yang kita usahakan hari ini.

Ya boleh lah kita aliran aji mumpung negatif, tapi ya kadang-kadang aja. Maka dari itu aliran aji mumpung positif harus menjadi prioritas dalam hidup kita. Do you agree?

Oleh karena itu, hari kemarin sudah terlambat untuk di ingat-ingat lagi, tetapi kita juga tidak bisa mengandalkan hari esok. Hari ini adalah yang terpenting. Memanfaatkan masa muda dengan sebaik-baiknya adalah hal yang paling bijak. Masa muda yang dipenuhi usaha will make our dreams come true, really true.

Dua golongan pemuda yang menganut aliran aji mumpung masing-masing tadi sama-sama punya 24 jam sehari. Yang satu 24 jam-nya penuh dengan kemalasan, yang satunya penuh usaha dan prestasi. Kamu pilih yang mana?


Tulisan ini, selain sebagai tulisan lepas, juga diikutsertakan Djarum Black Blog competition Vol. 2. Event ini diadakan oleh PT Djarum yang familiar dengan program inovasinya Blackinovationawards dan Black Community.



*sumber gambar bisa diklik langsung pada gambanrnya.



11 comments:

  1. Wah,masa muda saya udah lewat mas...gimana dong?? hehe..
    tapi insya Allah masih terus berusaha untuk tetap berjiwa muda, boleh kan?
    saya juga mau pakai tuh aji mumpung...mumpung "sadar" dan mumpung "ada yang mengingatkan"...hehe..
    Go go go! fight fight fight !win win win! (maaf yel2 ESQ dipake)

    ReplyDelete
  2. kunjungan pertama kalinya...salam kenal ea...

    ReplyDelete
  3. masa muda harus di manfaatkan untuk mengeksplore diri semaksimal mungkin biar ga nyesel tar hehehe ayo jadi the young gun and dangerous

    ReplyDelete
  4. BUat KAng Ugi

    wah , bagus itu yelnya kang.....
    oya btw menurut UU, pemuda itu 16-30 tahun loooo

    ReplyDelete
  5. buat Ritma,

    makasih ya udah mau mampir, oya aku juga udah ke blogmu

    ReplyDelete
  6. buat kang richo

    setujuuuuu

    buat kang secangkir....

    Yuuukkkkk

    ReplyDelete
  7. hebat blognya!!

    kunjungan pertama ku!

    low berkenan, follow balik ya!

    ReplyDelete
  8. makasih kang..ok aku segera balik follow

    ReplyDelete
  9. Ros, coba di cek lagi deh..setahu teteh, kalau masa puber itu ada diperalihan dari masa kanak-kanak ke remaja deh...hehehe...

    ReplyDelete