Monday, February 15, 2010

Yuk Berdoa!

Ayo anak-anak, berdoa dulu…..!
Adek, berdoa dulu ya sebelum tidur…..!

Ayo tebak, kapan kamu menemui kalimat-kalimat diatas? Yup, you’re right. Sewaktu kecil kalimat-kalimat bergenre seperti itu sering kita temui. Saat kita belajar di TK, saat sebelum makan, sebelum tidur, saat masuk kelas, dan sebelum masuk kamar mandi. Pokoknya… Ayo, doa dulu!

Dalam kehiupan sehari-hari kita melakukan berbagai kegiatan. Mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, ada saja kegiatannya. Mau sekolah, main playstation, kerja, istirahat, tidur, ke belakang, dan mau-mau yang lain. Namun, apapun kegiatannya, saya sarankan untuk diawali dengan sebuah doa. Doa yang tulus yang berisi penghormatan kepada sang Khalik dan permohonan atas hasil yang bagus atas apa yang kita kerjakan.

Dalam buku The True Power of Water, Dr Masaru Emoto member gambaran bahwa ucapan yang baik (rasa cinta dan terima kasih) akan membuat air membentuk kristal dengan bentuk yang sangat indah. Namun, ketika sang doktor member label ‘kamu bodoh’ pada air tersebut , kristal yang terbentuk tidak beraturan dan beliau mengatakan ‘ menyeramkan’. Ini berarti bahwa air bisa memberi respon tentang apa yang manusia ucapkan kepadanya. Menurut beliau, kristal yang bagus menunjukkan bahwa air itu optimis. Nah, hubungannya…?

Begini, Tubuh kita terdiri atas 90% air. Ucapan yang baik itu bisa dianalogikan sebuah doa. Ketika kita mengawali sebuah kegiatan dengan sebuah doa yang tulus—yang berisi pujian (rasa cinta dan terima kasih) kita terhadap sang Khalik dan permohonan tulus kita kepada-Nya—, maka cairan tubuh kita akan membentuk kristal yang bagus dan ini berarti gelombang optimis telah memenuhi tubuh kita. Ini akan membawa pikiran kita yang optimis atas hasil positif akan setiap kegiatan kita.

Dalam buku ‘Aa Gym Apa Adanya’, Aa Gym sebuah memberikan solusi hidup yang salah satunya adalah dzikir. Dzikir berarti senantiasa mengingat sang Khalik atas segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Ini adalah wujud terima kasih kita kepada-Nya. Seperti keterangan diatas, bahwa ucapan terima kasih adalah salah satu kata yang bisa membuat air jadi optimis. Berdoa seraya berdzikir akan membuat gelombang optimis kita semakin kuat. Bener ngga?

Sudah selayaknya kita berterima kasih pada orang tua, guru , dan ustadz atau pendeta yang telah member kita ilmu untuk berdoa. Sekarang sudah waktunya kita membiasakan diri untuk berdoa sebelum melakukan segala kegiatan. Berdoa akan membuat kita nyaman dalam melalui tiap kegiatan yang kita lakukan. Kita tidak akan ragu akan setiap hasil yang kita capai. Optimisme dalam diri kita akan membuat kita memandang positif apapun hasilnya.

Begitu besar pengaruh doa dalam hidup kita, maka rasanya dari sekarang mari mengawali semua kegiatan sehari-hari kita dengan doa. Sudahkah kamu berdoa hari ini?Tulisan ini, selain sebagai tulisan lepas, juga diikutsertakan Djarum Black Blog competition Vol. 2. Event ini diadakan oleh PT Djarum yang memproduksi Djarum Black Menthol dan Djarum Black Slimz.



*sumber gambar bisa diklik langsung pada gambanrnya

tulisan ini juga dimuat di Kompasianaku

6 comments:

  1. Yes Jazzuli, u re right, i miss my child time that i am given spirit and learn to always doa,, I love my mom, my teacher and my ustadz too.. but now i seldom to do it, I'm sorry my God... Ur writing can give me inspiring to be better... thanks jazzuli...

    www.jangandibuka.com

    ReplyDelete
  2. u'r welcome we...

    we have to remember our god every time

    ReplyDelete
  3. thank u ocid u have reminded me how important praying is....
    betewe lagi pada english mode : on ya hahaha

    adariki.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. ngga tahu tu wewe...
    ya dia ngomong pake inggris tak timpali bahas inggris juga dunk..

    sama2 rik, senang bisa berbagi

    ReplyDelete
  5. saya baru sadar kalo apa yg saya lakukan harus berdoa dulu terima kasih atas tulisannya yg membuat saya ingat kembali,,,,

    ReplyDelete
  6. hmm makasih kang
    berdoa itu medekatkan kita pada Tuhan

    ReplyDelete